Repotnya Kala Si Bungsu Mau Tumbuh

Oleh: Drg. Deasy Rosalina, MMSc

Gusi menjadi bengkak, gigi tetangganya berlubang (karies), nyeri kepala sebagian, atau bahkan timbul kista. Tidur jadi tak nyenyak, makan enak pun tak bisa banyak-banyak. Duh, sulitnya kalau si gigi bungsu ini mau tumbuh!

Gigi geraham bungsu atau yang dikenal juga dengan wisdom teeth adalah gigi yang paling akhir tumbuh, yaitu sekitar usia 17 hingga 30 tahun. Gigi ini merupakan gigi geraham nomor tiga dari tiap sisi rahang. Pada kebanyakan orang di masa kini, gigi geraham bungsu ini sering mengalami kekurangan tempat di dalam rahang.

Akibatnya, si bungsu hanya mampu berdiam diri di dalam tulang rahang (tidak tumbuh/impaksi), atau kalaupun hendak memaksakan diri, ia akan berusaha tumbuh dalam posisi yang tak sempurna. Bisa tumbuh sebagian atau bisa juga tumbuh dalam posisi miring. Perkara-perkara itulah yang kemudian menyebabkan berbagai gejala atau sindrom tumbuhnya gigi bungsu seperti yang disebutkan di atas.

Jika demikian yang terjadi, bagaimanakah cara mengatasinya? Untuk meredakan peradangan yang terjadi pada gusi, berkumur dengan air garam hangat dapat menjadi satu solusi yang instan. Namun, tentunya hal tersebut tak bisa menyelesaikan inti permasalahan yang ada. Jika dua dari beberapa gejala di atas terjadi, berkonsultasi langsung ke dokter gigi adalah opsi yang terbaik. Besar kemungkinan, akan dilakukan pemeriksaan foto Rontgen untuk mengetahui posisi si gigi bungsu. Kalau benar si bungsu ada dalam posisi yang tidak baik, untuk menghindari berlanjutnya gejala-gejala di atas, maka gigi tersebut perlu dicabut. Karena jika tidak akan dapat menimbulkan keluhan berulang di masa mendatang.

Tentunya, mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Mencabut si bungsu yang tak mau tumbuh atau berposisi tidak baik, tak boleh ditunda hingga menimbulkan masalah di kemudian hari. Selain akan menjadi lebih sulit, penundaan pencabutan gigi bungsu di usia yang lebih lanjut akan lebih rumit dan memerlukan waktu penyembuhan yang lebih lama.

Leave a comment